Kebakaran Lahan Terjadi di Aceh

10:25 AM


Banda Aceh, Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini kebakaran terjadi di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Senin (10/2). Setengah hektare lahan terbakar diduga akibat pembakaran sampah yang dilakukan tanpa pengawasan dan dikarenakan akibat cuaca panas yang terik, sehingga api begitu cepat membesar dan menjalar ke sekitar lokasi.

Informasi diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja sempat menimbulkan kepanikan.

Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Peukan Bada mengerahkan 1 unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran lahan tersebut.

Setiba di lokasi, petugas pemadam kebakaran langsung melakukan pemadaman dengan cara memblokade api sesuai arah angin. Akhirnya api berhasil dipadamkan.

Sebelumnya, lahan seluas lebih kurang 150 meter persegi di Gampong Kuala Ligan, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, juga terbakar. Lahan tersebut berada di pinggir jalan nasional Banda Aceh -Meulaboh Kilometer 115.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat mengerahkan satu pemadam kebakaran dari Pos Lhok Kruet untuk mencegah agar api tidak meluas.

"Juga dibantu masyarakat, TNI, Polri, Radio Antar-Provinsi Indonesia (RAPI), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Satuan Tugas Search and Rescue (SAR) Aceh Jaya, serta unsur relawan PB lainnya," jelas Kepala BPBA, Sunawardi.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu lebih kurang setengah jam sejak kebakaran itu terjadi pertama kali. Pihak terkait tidak menyebutkan siapa pemilik lahan serta berapa jumlah kerugian akibat kejadian ini.

Pada hari sama, kebakaran lahan terjadi di Gampong Lam Manyang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Luas lahan terbakar lebih kurang 500 meter persegi.

Petugas mengerahkan satu armada dan empat personel ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan memblokade api sesuai arah angin supaya tidak merambat ke kebun warga lainnya.

Penyebab kebakaran diduga akibat adanya orang yang membakar sampah di pinggir jalan, api menjalar ke kebun warga. Warga yang melintas di pinggir jalan itu langsung menghubungi petugas saat melihat kebun sedang terbakar.

"Kondisi cuaca yang terik dan panas, serta angin kencang sangat mendukung terjadinya kebakaran lahan saat ini," sebut Sunawardi.